Minggu, 05 Mei 2013

Pengusaha Kuliner Sukses


Menu makanan bakso dan bubur ayam memang tak asing lagi di telinga masyarakat. Menu makanan itu seringkali dijumpai dimana-mana, mulai dari di pinggir jalan hingga di dalam perumahan.
Berikut ini ada salah satu usaha kuliner yang menyajikan bakso dan bubur ayam sebagai makanan andalannya. Nama tempat makan itu adalah Mang Haji Donal yang terletak di Jalan Raya Katapang No.215 Soreang, Kabupaten Bandung.
Meskipun kedua menu tersebut bukan lagi makanan langka masyarakat, aneka menu yang disuguhkan di rumah makan itu memiliki rasa yang khas sehingga menjadi pilihan utama pengunjung.
Ciri khas menu masakan yang disajikan Mang Haji Donal adalah kekentalan rasa yang menyatu ke dalam makanan.
Menu mi bakso, contohnya, memiliki rasa yang berbeda bila dibandingkan dengan bakso pada umumnya. Bumbu yang diracik tercampur rata di dalam kuah dan bakso sehingga memberikan nuansa sedap di lidah.
Bakso milik Mang Haji Donal terasa lebih lembut daripada bakso kebanyakan karena daging yang diracik seimbang dengan tepung dan racikan-racikan khas lainnya.
“Di sini baksonya memiliki daging unggulan yang diracik dengan bumbu pilihan. Saya mencampur lebih banyak daging daripada tepung dan yang lain sehingga lembut dan enak terasa,” ujar Rudi Rustandi Donal, pemilik usaha kuliner Mang Haji Donal, kepada bisnisjabar.com belum lama ini.
Bagi para penyuka ceker ayam, pengunjung dapat memesan menu mi bakso dengan disertai ceker. Bagi yang tidak menyukai ceker, konsumen juga tidak dipaksa untuk memesan itu.
Selain mi bakso, sebagaimana telah disebutkan di atas menu bubur ayam juga menjadi andalan rumah makan ini. Sama halnya dengan menu mi bakso, bumbu bubur ayam Mang Haji Donal juga berbeda bila dibandingkan dengan bubur ayam yang kebanyakan dijual. Rempah-rempah bersatu padu di dalam racikan sehingga menciptakan rasa yang lezat.
Untuk menemani nikmatnya menu makanan, rasanya ada yang kurang jika tidak mencicipi aneka minuman ala Mang Haji Donal.
Ada nama menu minuman yang unik di rumah makan tersebut, yakni ada sebagian menu minuman yang mengambil nama grup band dan penyanyi ternama, seperti Es Combo Sonet2, Es Combo ST12, Es Combo Kahitna, Es Combo Nidji, dan sejumlah menu minuman yang mengambil nama artis lainnya.
“Pernah suatu hari Ridho Rhoma datang ke sini dan menantang untuk membuat minuman, lalu saya buatkan Juice Lychee Sonet2. Ridho pun memuji minuman ini,” ujar pria kelahiran Bandung, 12 Oktober 1965 ini.
Harganya pun relatif terjangkau. Untuk satu porsi bubur ayam, pengunjung hanya mengeluarkan uang sebesar Rp9.500. Adapun aneka menu bakso berkisar antara Rp8.000—Rp20.000 per porsi.
“Kalo minuman bervariasi harganya,” tambah ayah tiga anak ini.
Saat ini, Mang Haji Donal telah memiliki tujuh cabang yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Bandung.

0 komentar:

Poskan Komentar